Perusahaan: Masukkan Lowongan
Indonesian (ID)Bahasa Indonesia        English (United Kingdom)English        
Masuk atau Daftar    
Lokasi anda: Beranda Saran Kami Untuk Pencari Kerja

Tips Negosiasi Gaji Pertama


Senang sekali rasanya jika pencarian kerja anda ternyata sudah berakhir. Anda sudah mendapat tawaran kerja dengan gaji pertama kerja yang lumayan dan beberapa tunjangan menguntungkan lainnya.

Tapi, tunggu dulu. Sebelum anda menyepakati tawaran kerja tersebut, lakukan penelitian untuk mengetahui seberapa kompetitif paket gaji pertama yang ditawarkan oleh pihak perusahaan. Anda bisa cari di internet, bertanya ke rekan-rekan yang mungkin memiliki profesi yang sama atau menghubungi pihak konsultan karir. Ingat selalu, jangan mengajukan negosiasi gaji pertama sebelum anda mengetahui informasi kisaran gaji orang-orang yang satu profesi dengan anda.

Sering sekali calon pekerja sudah merasa puas dengan datangnya tawaran pekerjaan plus mendapatkan gaji yang sesuai harapan sehingga merasa tidak perlu lagi negosiasi gaji dan mencari lowongan kerja terbaik lainnya. Namun penyesalan bisa muncul di kemudian hari setelah mengetahui gaji yang ditawarkan ternyata berada di bawah standar perusahaan. Jika seperti ini, anda sendiri yang akan “gelisah” di tempat kerja tentunya.

Jika pihak perusahaan menawarkan gaji sekian juta rupiah ke anda sebenarnya pihak perusahaan sudah memiliki antisipasi penawaran yang lebih tinggi dari penawaran pertama yang diajukan. Apalagi jika anda memiliki kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Secara umum anda bisa mendapatkan jumlah kenaikan di kisaran 10 persen dari penawaran gaji awal.

Selanjutnya, bagaimana cara negosiasi gaji yang sopan dan diplomatis. Jika suatu saat anda ditawarkan gaji misalnya sekian juta rupiah untuk posisi yang anda incar dan anda merasa gaji itu dibawah harapan, anda bisa menjawab “Saya sangat senang mendapatkan penawaran bekerja di perusahaan ini dan saya rasa saya memiliki pengalaman dan kualifikasi yang cukup baik. Oleh karena itu saya yakin kita bisa mendiskusikan kembali masalah gaji yang kiranya lebih berkenan”. Dari sini sudah mengindikasikan jika anda tertarik dan anstusias untuk berkarir di perusahaan tersebut sehingga peluang untuk negosiasi gaji ke arah selanjutnya bisa terbuka.

Nah, jika peluang itu muncul dan anda dipanggil untuk negosiasi gaji, anda bisa mengatakan “Berdasarkan pengetahuan saya tentang pekerjaan, kebutuhan perusahaan dan kualifikasi yang saya miliki, saya rasa wajar jika saya mendapatkan Rp.(…) lebih dari yang Bapak/Ibu tawarkan saat ini". Berikanlah nominal gaji yang anda harapkan berdasarkan penelitian anda serta tidak lupa mempertimbangkan tunjangan-tunjangan lainnya.
 
Lokasi anda: Beranda Saran Kami Untuk Pencari Kerja