Perusahaan: Masukkan Lowongan
Indonesian (ID)Bahasa Indonesia        English (United Kingdom)English        
Masuk atau Daftar    
Lokasi anda: Beranda Artikel Dunia Kerja

Tips Menjadi Pengusaha atau Pemilik Bisnis


Sebagian besar orang pasti pernah berkeinginan untuk menjadi pengusaha atau menjadi pemilik suatu bisnis. Dengan menjadi pengusaha tentulah kita dan keluarga akan berkecukupan dan bisa membuka lowongan pekerjaan untuk orang lain. Banyak orang yang berhasil mewujudkan keinginan mereka dan tidak sedikit pula yang gagal mewujudkan impian mereka menjadi pengusaha. Sebenarnya ada banyak peluang yang bisa dikembangkan untuk menjadi suatu lahan bisnis hanya saja tidak semudah itu untuk menggarapnya. Semangat di awal usaha pasti dimiliki semua orang tapi seiring waktu berlalu semangat itu bisa pudar dan akhirnya terpuruk. Usaha dan tekad yang keras saat ini belumlah cukup untuk bisa menjadikan seseorang berhasil hingga menjadi seorang pemilik bisnis.

Jika anda tertarik untuk menjadi pengusaha atau pemilik bisnis pastikan anda memiliki jawaban untuk setiap pertanyaan di bawah ini. Simak tips menjadi pengusaha atau pemilik bisnis di bawah ini.

Apakah anda memiliki komitmen? Merintis suatu usaha atau bisnis memerlukan proses dan waktu yang tidak singkat. Ada yang bisa suskes setelah beberapa bulan dan ada yang baru suskes setelah beberapa tahun. Akan ada banyak rintangan saat anda mulai berbisnis dan komitmen anda untuk maju dan pantang mundur sangat diperlukan.

Apakah anda memiliki keberanian? Ketika anda merintis suatu bisnis anda tidak saja harus memasarkan produk tapi anda juga harus bisa “menjual diri” dalam artian tidak malu-malu dan percaya diri bertemu dengan klien atau konsumen.

Apakah anda orang yang disiplin? Saat dulu anda bekerja di suatu perusahaan kedisiplinan itu pasti anda miliki karena itu merupakan aturan perusahaan dan tidak boleh dilanggar. Tapi ketika anda menjadi pemilik bisnis, anda bisa saja malas, tidak disiplin dll. Ini terserah kepada anda karena andalah yang kini menjadi bos.

Apakah anda cukup kuat dalam keuangan? Bisnis yang baru saja dimulai tentu saja memerlukan modal. Jika saat ini anda masih kekurangan karena menghidupi keluarga, bayar hutang atau kredit dan menjadi tumpuan semua orang ada baiknya anda mengurungkan niat berbisnis. Namun jika anda nekat sebaiknya anda mencari pinjaman untuk usaha mikro dan anda memiliki pendapatan tambahan dari bidang lain untuk membayarnya. Anda bisa saja mencari pekerjaan paruh waktu dulu sambil fokus menekuni bisnis.

Apakah anda punya pengalaman? Memang pengalaman itu terasah seiring bisnis anda berjalan namun sebagian besar bisnis itu gagal karena mereka kurang menguasai bidang bisnis yang dikerjakan dan hanya modal nekat saja. Setidaknya anda sudah memiliki keterampilan dan trik untuk menjalankan bisnis anda nantinya mulai dari proses produksi, distribusi, pajak, asuransi, pemasaran, manajemen hingga hubungan dengan klien. Belajar banyak hal saat anda bekerja di suatu perusahaan sangatlah bagus namun belajar saat anda tengah menjalankan bisnis adalah kekeliruan.

 
Lokasi anda: Beranda Artikel Dunia Kerja