Bagian 3 – Bagian Pembuktian: Bagaimana Menyampaikan Riwayat Pekerjaan, Pendidikan, dll

di kategori Gaya Hidup

Bagaimana menyampaikan riwayat pekerjaan, pendidikan

 

bagian-3

 

Sebagian besar resume tidak lebih dari koleksi “pembuktian”, berisi beragam fakta tentang riwayat pekerjaan di masa lalu. Bagian pembuktian biasanya diisi dengan ragam informasi tentang riwayat pekerjaan, tanggal, pendidikan, afiliasi, daftar software yang dikuasi, dll. Jika anda mencantumkan semuanya itu pada awal atau bagian atas resume maka siapapun yang membacanya akan merasa seperti membaca formulir pajak penghasilan. Dengan kata lain resume akan sangat membosankan. Sebaiknya cantumkan informasi “pembuktian” ini pada bagian tengah resume. Pada awal resume, cantumkan sesuatu yang menarik mengenai anda dan informasi yang kurang menarik bisa menyusul di bagian bawahnya.

Kami membagi resume menjadi beberapa bagian yang menarik untuk dicoba terutama pada bagian penyampaian “pembuktian.” Ingat bahwa resume adalah sebuah iklan yang harus menarik dan bukan sekedar informasi mengenai keinginan anda. Resume yang bagus berisi pernyataan-pernyataan yang tegas pada setiap bagiannya. Dengan kata lain, setiap kata yang dituliskan harus mengandung sesuatu yang ampuh sehingga pemberi kerja tidak ragu menghubungi anda untuk interview. Karena itu anda harus jeli dalam memutuskan informasi seperti apa yang sebaiknya dicantumkan pada setiap bagian pada resume. Pada bagian pembuktian anda bisa mencantumkan beberapa atau keseluruhan dari informasi dibawah ini:

PENGALAMAN 

Daftar riwayat pekerjaan dengan susunan terbalik dari Resume Kronologis. Jangan menjelaskan detail tentang pengalaman kerja di awal memulai karir dan fokuslah pada pekerjaan terakhir atau pekerjaan yang berkaitan dengan posisi yang dilamar (rangkum riwayat pekerjaan dalam satu baris atau paragraf pendek). Putuskan yang mana dari semua riwayat pekerjaan yang paling mengesankan dan tuliskan di awal, baru kemudian disusul riwayat pekerjaan lainnya. Urutkan dari yang terpenting terlebih dahulu.

Anda boleh menjelaskan sedikit mengenai perusahaan dimana bekerja sebelumnya dalam tanda kurung  jika anda yakin bisa membuat pembaca terkesan. Tuliskan tanggal dengan huruf miring di akhir judul pekerjaan. Jangan cantumkan bulan lamanya anda bekerja kecuali memang berhenti bekerja sebelum setahun  bekerja. Tuliskan juga pengalaman organisasi, program magang atau lainnya yang pernah diikuti walaupun tidak mendapat bayaran saat mengikuti program tersebut.

Contoh judul yang bisa digunakan: “Riwayat Profesional” atau “Pengalaman Profesional”- dan bukannya “pekerjaan” atau “riwayat pekerjaan” karena memberikan kesan kurang profesional.

PENDIDIKAN 

Daftar pendidikan dengan susunan terbalik dari Resume Kronologis. Cantumkan gelar terlebih dahulu kemudian diikuti sertifikat dan training. Bila perlu tulis dengan huruf tebal bagian pendidikan yang paling mengesankan yang pernah Anda dapatkan. Jangan mencantumkan apapun mengenai sekolah Anda kecuali memang ada penghargaan atau prestasi yang pernah diraih. Jika anda adalah seorang fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja, cantumkan indeks prestasi jika diatas 3.4 dan masukkan kursus atau training yang pernah diikuti jika menunjang posisi pekerjaan yang dilamar.

Tambahkan training atau pelatihan yang lain bila dirasa perlu, namun harus selektif dalam memberikan informasi. Cantumkan yang dirasa akan membuat pembaca terkesan.

higher1

Belum mendapatkan gelar? Jika anda sedang mengejar sebuah gelar maka cantumkan gelar yang akan diperoleh dan dengan tanda kurung tuliskan perkiraan tanggal gelar itu bisa anda peroleh. Contoh: S.Kom (perkiraan 20 Juni 2015).

Jika anda tidak menyelesaikan kuliah maka mulailah dengan menulis bidang yang dipelajari, kemudian sekolah dan tanggal (fakta bahwa anda tidak memiliki gelar bisa saja tidak diperhatikan oleh pihak pembaca). Judul lain yang bisa digunakan “Pendidikan dan Pelatihan” “Pendidikan dan Lisensi” “Pendidikan Hukum / Pasca Sarjana” (untuk pengacara).

PENGHARGAAN

Jika anda hanya mendapat penghargaan di sekolah maka cantumkan pada bagian Pendidikan. Jelaskan untuk apa penghargaan tersebut diberikan. Bagian ini harus diisi jika memang pernah mendapatkan penghargaan. Jika menerima penghargaan atau pujian dari pada senior maka bagian ini bisa diberi judul “Pujian dan Penghargaan

AFILIASI PROFESIONAL

Cantumkan afiliasi yang relevan, mengesankan dan terkini. Termasuk peran kepemimpinan jika ada. Bagian ini merupakan yang terbaik untuk menyampaikan status sebagai peserta minoritas yang dapat dipertimbangkan khusus oleh pihak pemberi kerja atau untuk menunjukkan keangggotaaan anda di sebuah asosiasi yang akan meningkatkan nilai jual anda sebagai calon karyawan. Bagian ini bisa dikombinasikan dengan “Kepemimpinan Sipil / Komunitas” atau “Keanggotaan Komunitas dan Profesional

awardspic

KEPEMIMPINAN SIPIL / KOMUNITAS 

Kepemimpinan Sipil / Komunitas sangat cocok dicantumkan jika peranan kepemimpinan dan prestasi berhubungan dengan pekerjaan yang diminati. Misalnya seorang karyawan keuangan yang berharap menjadi seorang konselor investasi keuangan dan yang bersangkutan pernah menjadi Manager Keuangan di sebuah lembaga investasi keuangan. Jika kondisinya seperti diatas, anda bisa mencantumkan juga para anggota dewan direksi atau para pejabat di lembaga terse

547.461

Lowongan Perkerjaan

153.178

Pencari Kerja

24.853

Perusahaan

dan akan terus bertambah..

Bergabung sekarang